KARSA PICTURA WEDDING VIDEOGRAPHER BRANDING STRATEGY THROUGH BEHIND-THE-SCENE CONTENT ON SOCIAL MEDIA IN 2022

MEI WIJAYANTI (2024) KARSA PICTURA WEDDING VIDEOGRAPHER BRANDING STRATEGY THROUGH BEHIND-THE-SCENE CONTENT ON SOCIAL MEDIA IN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Suatu perusahaan memerlukan strategi branding untuk dapat memasarkan produk baik itu barang maupun jasa kepada calon pelanggan. Salah satu strategi branding yang digunakan adalah penggunaan media sosial untuk melakukan citra brand sosial agar dapat menonjolkan ciri khas, identitas, dan nilai-nilai yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Bidang industri kreatif memiliki strategi yang demikian, salah satunya adalah videografer pernikahan dari Purwokerto yaitu Karsa Pictura yang mengandalkan konten behind-thescene untuk menunjukkan proses kreatif ketika melakukan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi konten behind-the-scene yang dihasilkan oleh Videographer Wedding Karsa Pictura dalam meningkatkan citra brand image sosial mereka di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan ditunjang oleh teori branding dari Schultz dan Barnes. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana Karsa Pictura menggunakan strategi branding melalui media sosial terutama Instagram. Media sosial tersebut memiliki fitur yang memaksimalkan konten behind-the-scene dari Karsa Pictura. Sisi emosional dari calon pelanggan diharapkan tersentuh setelah melihat bagaimana Karsa Pictura berusaha untuk memberikan hasil terbaik dalam setiap pekerjaanya. Sehingga kredibilitas perusahaan pun terbentuk. Terbukti dari peningkatan jumlah pelanggan yang mencapai 61 job wedding di tahun 2022. Sesuai dengan teori branding Schultz dan Barnes, Karsa Pictura berhasil menyampaikan pesan dengan jelas, mendapat kredibilitas, menyentuh sisi personal sasaran, menciptakan motivasi untuk menggunakan jasa dari perusahaan, dan mengundang pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Branding Strategy, Marketing Communications, Social Media, Wedding Videographer
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 27 May 2024 05:25
Last Modified: 27 May 2024 05:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45024

Actions (login required)

View Item
View Item