REYHAN JAVIER ALAMSYAH (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (318kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Bab I.pdf
Download (153kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan E-commerce terhadap Minat Berwirausaha dengan Motivasi Berwirausaha sebagai mediator. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Perguruan Tinggi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Program Studi Agribisnis Angkatan 2020 sebagai subjek. Jumlah sampel dalam penelitian terdapat sebanyak 161 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner yaitu dengan membagikan serangkaian pertanyaan secara online kepada target responden melalui GoogleForm. Peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan instrumen yang dipakai telah memenuhi standar ketentuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan path analysis dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistik 25 dan Sobel test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha, (2) Penggunaan E-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha, (3) Motivasi Berwirausaha berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha, (4) Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Motivasi Berwirausaha, (5) Penggunaan E-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap Motivasi Berwirausaha, (6) Motivasi Berwirausaha memediasi pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha dan (7) Motivasi Berwirausaha memediasi pengaruh Penggunaan E-commerce terhadap Minat Berwirausaha.Peneliti menyarankan, untuk penelitian yang akan datang bisa menggunakan variabel lain untuk menguji pengaruh terhadap Minat Berwirausaha seperti self-efficacy, lingkungan keluarga, kebijakan pemerintah, dukungan teman, pendapatan dan literasi keuangan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Entrepreneurial Education, E-commerce use, Entrepreneurial Motivation and Entrepreneurial Intention |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:20 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45034 |