REYHAN JAVIER ALAMSYAH (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI MOTIVASI BERWIRAUSAHA SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (318kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (153kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan E-commerce terhadap Minat Berwirausaha dengan Motivasi Berwirausaha sebagai mediator. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Perguruan Tinggi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Program Studi Agribisnis Angkatan 2020 sebagai subjek. Jumlah sampel dalam penelitian terdapat sebanyak 161 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner yaitu dengan membagikan serangkaian pertanyaan secara online kepada target responden melalui GoogleForm. Peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan instrumen yang dipakai telah memenuhi standar ketentuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan path analysis dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistik 25 dan Sobel test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha, (2) Penggunaan E-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha, (3) Motivasi Berwirausaha berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berwirausaha, (4) Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Motivasi Berwirausaha, (5) Penggunaan E-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap Motivasi Berwirausaha, (6) Motivasi Berwirausaha memediasi pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha dan (7) Motivasi Berwirausaha memediasi pengaruh Penggunaan E-commerce terhadap Minat Berwirausaha.Peneliti menyarankan, untuk penelitian yang akan datang bisa menggunakan variabel lain untuk menguji pengaruh terhadap Minat Berwirausaha seperti self-efficacy, lingkungan keluarga, kebijakan pemerintah, dukungan teman, pendapatan dan literasi keuangan.
| Dosen Pembimbing: | Meika Kurnia Puji Rahayu Dyah Anggraeni, S.E., M.Si., Ph.D. and Rr. Sri Handari Wahyuningsih, Dr., S.E., M.Si. | NIDN0513057601, NIDN0510047101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Entrepreneurial Education, E-commerce use, Entrepreneurial Motivation and Entrepreneurial Intention |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 27 May 2024 04:20 |
| Last Modified: | 27 May 2024 04:20 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
