AULIA ANGGADITA SUBYANTARI (2024) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PARIWISATA PADA OBJEK WISATA PANTAI DI KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (392kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (711kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
|
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sektor pariwisata merupakan salah satu kontributor terbesar terhadap perekonomian Indonesia dan penyumbang devisa utama. Pengembangan pariwisata secara optimal memang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, maka peningkatan kualitas pariwisata sangat penting dilakukan demi menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pariwisata yaitu atraksi, aksesibilitas, amenitas, ancillary (4A), kualitas layanan, dan promosi wisata pada kawasan wisata di Kabupaten Kebumen khususnya pada objek wisata pantai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data primer dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 270 responden menggunakan teknik non probability dengan metode purposive sampling. Data ini diolah dengan teknik persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel amenitas, ancillary, kualitas layanan, dan promosi wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel permintaan pariwisata. Variabel atraksi dinyatakan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan pariwisata. Sedangkan variabel aksesibilitas menunjukkan pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap permintaan pariwisata. Secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen.
| Dosen Pembimbing: | Nano Prawoto, Prof. Dr., S.E., M.Si. | NIDN0504066601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Tourism Demand, 4A, Service Quality, Tourism Promotion |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ekonomi |
| Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
| Date Deposited: | 29 May 2024 07:11 |
| Last Modified: | 29 May 2024 07:11 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
