Siti Aminah (2021) Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Semin Gunungkidul DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (935kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (160kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di lapangan bahwa penulis menemukan kasus beberapa siswa yang mengalami kendala mengikuti pembelajaran daring dikarenakan penggunaan game online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan game online terhadap motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah Semin Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian korelasional. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuisioner dalam bentuk google form. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis ststistik deskriptif, teknik analisis regresi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan game online terhadap motivasi belajar siswa hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji anova yang menunjukkan nilai sig 0,011 < 0,05 dan juga pada rumus persamaan garis regresi linier sederhana senilai Y = 61,511 + 0,545x. Besaran persentase pengaruh penggunaan game online terhadap motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah Semin dapat dilihat pada tabel uji Regresi Model Summary dengan hasil 7,5%. Dengan demikian 92,5% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata kunci : game onlie dan motivasi belajar
| Dosen Pembimbing: | Yusuf A Hasan, Drs., M.Ag. and Dr. Fitriah, S.Pd.I., M.Ag. | NIDN0526025901, NIDN1317107801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:57 |
| Last Modified: | 17 Dec 2021 02:57 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
