ZAHRA FATIA DIANI (2024) HUBUNGAN UJIAN STUDENT ORAL CASE ANALYSIS DALAM TUTORIAL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of Lembar Pengesahan]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
![[thumbnail of Abstrak]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (594kB)
![[thumbnail of Naskah Publikasi]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Salah satu keterampilan yang penting dimiliki oleh peserta didik adalah berpikir kritis. Salah satu metode pembelajaran yang telah banyak digunakan untuk meningkatkan pemikiran kritis adalah metode Problem-Based Learning (PBL). Di dalam PBL, terdapat asesmen Student Oral Case Analysis (SOCA) yang telah diadakan untuk menilai kemampuan mahasiswa. Penelitian ini mengidentifikasi apakah terdapat hubungan antara hasil belajar SOCA dan kemampuan berpikir kritis mahaiswa.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode cros sectional study. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan uji univariat dan bivariat uji Spearman.Hasil: Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman, didapatkan hasil koefisien korelasi antara hasil belajar SOCA dengan tingkat berpikir kritis berturut-turut pada Angkatan 2020, 2021, dan 2022 yaitu 0,115; 0,263; dan 0,651 (p>0,05), hal ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar SOCA dan kemampuan berpikir kritis mahaiswa.Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar SOCA dan kemampuan berpikir kritis mahaiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, SOCA, Medical students |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 28 May 2024 03:04 |
Last Modified: | 28 May 2024 03:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45252 |