THE EFFECT OF BOARD GAMES ON STUDENTS' VOCABULARY KNOWLEDGE AT A PRIVATE ELEMENTARY SCHOOL IN YOGYAKARTA

ALFINA DEWAYANTI (2024) THE EFFECT OF BOARD GAMES ON STUDENTS' VOCABULARY KNOWLEDGE AT A PRIVATE ELEMENTARY SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara pengetahuan kosakata siswa sebelum dan sesudah permainan papan diterapkan dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu metode pra-eksperimental sebagai desain penelitian, penelitian ini mengumpulkan data dari enam belas partisipan siswa kelas 3 sebuah sekolah dasar swasta di Yogyakarta. Selain itu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test berupa pilihan ganda dan soal isian. Purposive sampling dipilih dan peneliti memilih kelas III A sebagai kelas eksperimen. Setelah itu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan hipotesis dianalisis menggunakan uji t sampel berpasangan pada SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 89 dan nilai rata-rata post-test adalah 95. Hasil uji-t berpasangan juga menunjukkan bahwa signifikansi (sig. 2 tailed) adalah < 0,05 (0,000), maka H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan permainan papan terhadap pengetahuan kosakata siswa kelas tiga di sebuah sekolah dasar swasta di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Board games, Elementary school, Learning Media
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:21
Last Modified: 10 Jun 2024 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45372

Actions (login required)

View Item
View Item