ALFINA DEWAYANTI (2024) THE EFFECT OF BOARD GAMES ON STUDENTS' VOCABULARY KNOWLEDGE AT A PRIVATE ELEMENTARY SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara pengetahuan kosakata siswa sebelum dan sesudah permainan papan diterapkan dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu metode pra-eksperimental sebagai desain penelitian, penelitian ini mengumpulkan data dari enam belas partisipan siswa kelas 3 sebuah sekolah dasar swasta di Yogyakarta. Selain itu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test berupa pilihan ganda dan soal isian. Purposive sampling dipilih dan peneliti memilih kelas III A sebagai kelas eksperimen. Setelah itu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan hipotesis dianalisis menggunakan uji t sampel berpasangan pada SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 89 dan nilai rata-rata post-test adalah 95. Hasil uji-t berpasangan juga menunjukkan bahwa signifikansi (sig. 2 tailed) adalah < 0,05 (0,000), maka H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan permainan papan terhadap pengetahuan kosakata siswa kelas tiga di sebuah sekolah dasar swasta di Yogyakarta.
Dosen Pembimbing: | Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0518047702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Board games, Elementary school, Learning Media |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:21 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 07:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |