SABILA MAKRIFATUL HIDAYAH (2024) YOUTUBE FOR SPEAKING IN ENGLISH CLASSROOMS: SENIOR HIGH SCHOOL TEACHER'S VIEWS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (855kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami guru mengenai aktivitas yang dilakukan guru dengan menggunakan youtube, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan youtube terhadap siswa. Pendekatan penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan empat orang guru bahasa Inggris dari salah satu SMA di Banjarnegara sebagai partisipan. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada masing-masing partisipan. Dua temuan utama terungkap berdasarkan wawancara dengan masing-masing peserta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima aktivitas guru yang menggunakan YouTube untuk mengajar berbicara di kelas, yaitu meniru penutur asli, mendengarkan sebagai aktivitas pra-berbicara, dan menceritakan kembali konten video YouTube. Dampak dari penggunaan YouTube ada dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Ada tiga dampak positif seperti bahan ajar menjadi lebih mudah, siswa tidak bosan, penyampaian lebih sederhana. Dan terdapat tiga dampak negatif seperti pengelolaan belajar siswa menjadi lebih banyak, siswa sering menunda waktu belajar, dan siswa menjadi tidak terkendali. Penelitian ini menunjukkan implikasi bahwa YouTube memberikan beberapa kegunaan dalam pengajaran berbicara EFL dengan menggunakan YouTube, keragaman video dapat menambah referensi guru dalam mencari materi berbicara dan dengan YouTube guru dapat lebih menghemat waktu dan tenaga.
Dosen Pembimbing: | Puthut Ardianto, S.Pd., M.Pd. | NIDN0521068401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Grammar, Impact, Pronunciation, Speaking, Vocabulary, YouTube |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:47 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |