EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ELS PADA TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

NADIRA WILDATIL ALIF (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ELS PADA TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Latar Belakang : E-learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer sebagai medianya. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Fakultas Kedokteran di dunia yakni Problem Based Learning (PBL) yang pertama kali dikenalkan pada tahun 1969. Awalnya metode ini banyak memiliki kontroversi dalam penerapannya di sekolah-sekolah kedokteran di Asia tetapi walaupun begitu metode ini tetap digunakan karena PBL mampu membuktikan bahwa pelajar-pelajar di Asia memecahkan masalah, kecakapan berpikir kritis, kecakapan bekerja dalam kelompok, kecakapan interpersonal dan komunikasi, serta kecakapan pencarian dan pengolahan informasi, sedangkan guru disini hanya sebagai penyaji masalah dan pengarah saja. Sebelum dilakukan tutorial dengan menggunakan els, Fakultas Kedokteran UMY terlebih dahulu menggunakan sistem konvensional dalam tutorial. Tapi dalam pelaksanaannya ternyata masih banyak evaluasi dalam sistem tutorial konvensional dimana itu semua terjadi karena faktor-faktor tertentu. Berdasarkan kendala yang dihadapi tersebut dipilih metode pembelajaran els, peneliti menilai keefektivitas pembelajaran els dalam proses tutorial. Oleh karena itu penelitian ini diperlukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan els pada tutorial terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode : Penelitian ini merupakan studi analaitik kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang dilakukan terhadap 498 sampel yang terdapat pada 3 angkatan mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Pemilihan blok pada penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yang artinya sebelumya sudah ditentukan oleh peneliti. Hasil : Pada penelitian ini didapatkan delapan dari sembilan kelompok uji menghasilkan nilai p 0,000 atau  lebih kecil 0,005 yang artinya pengguna els untuk tutorial lebih optimal dibanding tutorial dengan sistem konvensional. Kesimpulan : terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan els dan konvensional terhadap hasil belajar mahasiswa dimana penggunaan els menghasilkan hasil belajar yang lebih optimal dibanding sistem konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Elearning, Tutorial, Student Learning Outcomes
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:45
Last Modified: 07 Jun 2024 06:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45520

Actions (login required)

View Item
View Item