HAURAA NURUL AULIA (2024) DEMOTIVASI BELAJAR BAHASA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (330kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (166kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor, dampak, dan solusi dari demotivasi belajar bahasa pada mahasiswa Pendidikan bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan faktor, dampak, dan solusi demotivasi belajar bahasa pada mahasiswa. Subjek pada penelitian ini adalah 50 mahasiswa PBJ UMY dari angkatan 2020 dan 2021, ini menggunakan angket terbuka. Berdasarkan hasil penelitian faktor penentu demotivasi mahasiswa adalah; Lingkungan belajar yang tidak mendukung, ketidak jelasan dari penjelasan dosen, kurangnya minat belajar terhadap Bahasa, tekanan yang berlebihan dari orang tua, faktor kemampuan mahasiswa, faktor kesulitan mahasiswa, faktor lingkungan pertemanan, dan faktor cara mengajar dosen. Sedangkan dampak dari demotivasi yang dialami mahasiswa adalah; kehilangan minat dalam belajar, mengalami Stress dan kecemasan yang berlebihan, rendahnya percaya diri dalam belajar Bahasa, prestasi akademik yang menurun, Malas (tidak bersemangat) untuk mengikuti perkuliahan. Solusi dari dampak yang dialami adalah; menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, memilih metode pembelajaran yang tepat sesuai minat mahasiswa, memanfaatkan media pembelajaran, memikirkan tujuan hidup.
| Dosen Pembimbing: | Azizia Freda Savana, S.Pd., M.Pd. | NIDN0521128603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Motivation, Demotivation, Factors, Impact, Solutions |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
| Depositing User: | Yuliana Ramawati |
| Date Deposited: | 07 Jun 2024 06:40 |
| Last Modified: | 07 Jun 2024 06:40 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
