INTAN TRIYANA DEFI (2024) TEACHERS' PERCEPTION ON THE USE OF ORAL PRESENTATION IN DEVELOPING STUDENTS' SPEAKING SKILL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
Abstract
Beberapa kegiatan dalam pembelajaran dapat menunjang keberhasilan pembelajaran. Presentasi lisan merupakan kegiatan yang sering digunakan dan dapat menunjang pembelajaran di kelas. Presentasi lisan ini telah banyak digunakan oleh para pengajar di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan manfaat dan tantangan presentasi lisan dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa seperti yang dirasakan oleh para guru. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Peneliti melibatkan enam orang guru dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebagai partisipan. Peneliti menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan transkripsi, pengecekan anggota, dan pengkodean yang meliputi pengkodean terbuka, pengkodean analitis, pengkodean aksial, dan pengkodean selektif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat presentasi lisan dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa antara lain melatih menjelaskan sesuatu, melatih komunikasi dalam berbicara, melatih penguasaan pengucapan, meningkatkan penguasaan kosakata, berlatih berbicara di depan umum, dan meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, terdapat tantangan dalam presentasi lisan, seperti rasa cemas saat berbicara, kurangnya penguasaan kosakata, kurangnya penguasaan tata bahasa, dan kurangnya penguasaan pengucapan.
Dosen Pembimbing: | Maryam Sorohiti, S.S., M.H.Sc. | NIDN0508056501 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | EFL, English, oral presentation, speaking skills, teachers' perception |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:03 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |