DWI LAILI FITRI (2024) THE EXPERIENCES OF NON-ENGLISH STUDENTS IN SPEAKING ENGLISH AT ONE OF PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini, bahasa Inggris tidak hanya harus dikuasai oleh pelajar bahasa Inggris, tetapi juga orang-orang dari segala usia. Meskipun sebelumnya siswa telah diajarkan bahasa Inggris sejak sekolah dasar, namun hal tersebut tidak menjamin siswa dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa non-Inggris dalam berbicara bahasa Inggris dan untuk menganalisis strategi yang efektif yang digunakan oleh siswa non-Inggris untuk mengatasi kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Ada enam partisipan yang terlibat dalam penelitian ini, tiga diantaranya berasal dari Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan tiga lainnya dari Pendidikan Bahasa Jepang. Sebagai temuan pertama berdasarkan pengumpulan data, terdapat kesulitan yang dialami oleh mahasiswa non-Inggris ketika berbicara bahasa Inggris yang terbagi menjadi tiga faktor, yaitu faktor linguistik, psikologis, dan lingkungan. Faktor linguistik adalah kurangnya penguasaan kosakata, kurangnya penguasaan pelafalan, dan kurangnya penguasaan tata bahasa. Sedangkan faktor psikologis adalah kurangnya rasa percaya diri. Kemudian, faktor lingkungan adalah terbatasnya waktu untuk berbicara bahasa Inggris di kelas. Temuan kedua terkait dengan strategi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa non-Inggris dalam berbicara bahasa Inggris seperti, berlatih dengan teman, menonton film bahasa Inggris, membaca buku bahasa Inggris, mencatat dan menghafal kosakata baru, belajar melalui media sosial dan mengikuti kursus.
Dosen Pembimbing: | Mariska Intan Sari, S.S., M.A. | NIDN0520038002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Speaking English, Difficulties in Speaking English, Strategies to deal with the Difficulties, non-English Department Students |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:29 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |