YULHANITA TASNIMA (2024) PENGELOLAAN INSTAGRAM MUSEUM BENTENG VREDEBURG DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Media sosial menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dalam mencari informasi maupun membagikan kegiatan. Museum Benteng Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan salah satu lembaga berada dibawah naungan pemerintah yang aktif dalam menggunakan Instagram. Penggunaan Instagram oleh Museum Benteng Vredeburg untuk memberikan informasi mengenai edukasi sejarah dan promosi kegiatan yang sedang berlangsung di Museum Benteng Vredeburg, serta untuk tetap berinteraksi secara aktif dengan audiens museum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Instagram Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam meningkatkan brand awareness tahun 2023. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini yaitu Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Koordinator Divisi Publikasi dan Promosi. Uji validitas data dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber data yaitu hasil wawancara, studi dokumen, dan hasil pengamatan pada Instagram Museum Benteng Vredeburg. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan Instagram yang dilakukan Museum Benteng Vredeburg mulai dari perencanaan yang menggunakan hashtag tertentu dan penggunaan fitur fitur di Instagram. Dalam pembuatan konten Museum Benteng Vredeburg melibatkan beberpaa divisi diantaranya humas, publikasi dan promosi, dokumentasi, dan edukasi. Namun ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki seperti, implementasi dari content planner yang kurang maksimal yang menyebabkan kurang konsistensinya frekuensi unggahan konten. Dan kedepannya perlu juga untuk responsif terhadap komentar audiens di beberapa konten.
Dosen Pembimbing: | Taufiqur Rahman, S.IP., M.A., Ph.D. | NIDN0527057401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Media Management, Social Media Enggagement, Instagram |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 29 May 2024 03:24 |
Last Modified: | 29 May 2024 03:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |