ANISA SEKAR MAHARANI (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR APLIKASI JAPANESE! TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMK KESEHATAN SADEWA: STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS XI SMK KESEHATAN SADEWA TAHUN AJARAN 2023/2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
Abstract
Penelitian mengeksplorasi efek penggunaan aplikasi Japanese! dalam pembelajaran bahasa Jepang karakter Hiragana pada siswa kelas XI SMK Kesehatan Sadewa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kontrol acak dengan partisipan siswa kelas XI. Pada kelompok eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 25 siswa. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Japanese! secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca karakter Hiragana, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Selain itu terdapat data angket yang menyebutkan sebagian besar siswa berpendapat bahwa metode pembelajaran Hiragana dengan menggunakan aplikasi Japanese! mempermudah siswa dalam mempelajari karakter Hiragana.
Dosen Pembimbing: | Wistri Meisa, S.Pd., M.Pd. | NIDN0508058802 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | effectiveness, Japanese! application learning media, Hiragana |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 09:31 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 09:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |