ANNIDA SAFHIRA FATUNNISA (2024) MICROBLOG INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Media pembelajaran bahasa Arab kini semakin mengalami perkembangan menyesuaikan dengan revolusi teknologi yang semakin canggih. Ketika adanya pandemi covid-19 beberapa tahun kebelakang terjadi pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh, sehingga berbagai media yang dapat membantu pembelajaran jarak jauh mulai bermunculan. Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan adalah media sosial instagram. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti salah satu inovasi media pembelajaran bahasa Arab melalui instagram yaitu berbentuk microblog. Ada dua sumber data dalam penelitian ini, pertama data primer yaitu postingan microblog pada masing-masing akun instagram yang menjadi subjek penelitian, dan data sekunder berasal dari artikel atau bahan bacaan terkait. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui postingan berbentuk microblog pada instagram, pembelajaran bahasa Arab diyakini akan menjadi lebih menarik dan simple karena materi yang ditayangkan lebih sederhana. Desain visual pada microblog instagram juga lebih kreatif dan inovatif, baik dari segi warna, teks, serta gambar pelengkap. Adapun kelebihan dan kekurangan pada penggunaan microblog sebagi media pembelajaran yaitu aksebilitas, visualisasi materi, keterlibatan aktif, fleksibilitas format, kemudahan berbagi konten, interaksi antar siswa, penggunaan hastag, dan keterlibatan komunitas. Adapun kekurangannya yaitu keterbatasan ruang, kurangnya interaktivitas, kurangnya fokus pada pembelajaran, kurangnya pemantauan dan evaluasi. Penggunaan fitur instagram sangat membantu pembelajaran bahasa Arab sebagaimana dalam contoh postingan microblog dari akun instagram (1) @nahwu_pedia, (2) @kursus_arab _alazhar, (3) @bahasa.arabku, (4) arabiyahtalks, (5) muhibbul_arabiyah (6) rifyalmo
Dosen Pembimbing: | Roojil Fadillah, Lc., M.Pd.I | NIDN0519048801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Microblog, Instagram, Learning Media, Arabic Language |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 09:28 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 09:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |