MONA AMASTASIA AZARA (2024) TEACHERS' PERCEPTION OF THE USE OF GAMIFICATION FOR TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (967kB) |
Abstract
Gamifikasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada pembelajar muda. Namun dalam penggunaannya, guru menghadapi beberapa tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi guru tentang penggunaan gamifikasi dalam pengajaran bahasa Inggris kepada pelajar muda sehubungan dengan penerapan dan tantangan penggunaan gamifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif dan menggunakan metode wawancara dalam pengumpulan data. Peneliti mewawancarai enam orang guru Bahasa Inggris di salah satu Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Yogyakarta. Penelitian ini menemukan beberapa tema mengenai penerapan gamifikasi antara lain keberadaan gamifikasi dalam pembelajaran anak usia dini, proses penerapan gamifikasi, jenis permainan, dan tata cara memainkan permainan tersebut. Selain itu terdapat beberapa tantangan yaitu tantangan dalam memberikan instruksi, tantangan dalam memberikan petunjuk permainan, tantangan untuk meningkatkan motivasi siswa, memakan waktu, dan perilaku yang tidak diinginkan.
Dosen Pembimbing: | Suryanto, S.Pd., M.H.Sc., Ph.D. | NIDN0529067302 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | challenges, gamification, implementation, teachers perception, young learner |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 06:15 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 06:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |