INDAH PUSPITA FEBY YANTI (2024) PENERAPAN METODE MEMBACA NYARING DALAM MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA JEPANG DASAR PADA SISWA INTERNSHIP LPK FUJIYAMA GLOBAL INDONESI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (784kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa tersulit di dunia terutama bagi kita orang Indonesia. Salah satu kesulitan belajar bahasa jepang terdapat pada penggunaan hurufnya yaitu hiragana, katakana, dan kanji yang sama sekali berbeda dengan bahasa Indonesia yang menggunakan alphabet. Selain itu pelafalan kosakata bahasa Jepang yang harus memperhatikan panjang-pendeknya kata sehingga arti sebenarnya dari kata tersebut tidak berubah. Melihat hal ini peneliti berpendapat bahwa dalam mempelajari bahasa Jepang memerlukan metode pembelajaran yang tepat dan menarik agar dapat mempermudah pembelajaran. Salah satu metode belajar yang sering digunakan adalah metode membaca nyaring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode membaca nyaring dalam menghafal kosakata bahasa Jepang seperti pada teori Tarigan (2008:23). Dalam pengajaran bahasa asing, metode membaca nyaring lebih mendekati atau lebih menunjukkan kepada ucapan daripada pemahaman. Penelitian ini dilakukan pada siswa internship LPK Fujiyama Global Indonesia di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil dari data penelitian ini menunjukkan bahwa metode membaca nyaring dalam menghafal kosakata dasar bahasa Jepang yang dilakukan dengan pemilihan teks wacana yang menarik, melafalkan kalimat dengan bersuara nyaring, memberi perbaikan hatsuon, melakukan diskusi makna dan isi teks wacana ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode membaca nyaring berhasil memudahkan siswa untuk menghafal kosakata dasar bahasa Jepang pada siswa intrenship LPK Fujiyama Global Indonesia di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Dosen Pembimbing: | Dedi Suryadi, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0504047102 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Reading Aloud Method, Memorization, Japanese Vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:58 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |