INDAH AGUSTIN SETYANINGRUM (2024) PERSEPSI GURU TERHADAP PENTINGNYA PENGUASAAN TAJWID DALAM PROSES HAFALAN AL-QUR�AN: STUDI KASUS PADA SISWA BA AISYIYAH PAKUNDEN 1 NGLUWAR MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (942kB) |
Abstract
Peneliti mengangkat masalah mengenai persepsi guru terhadap pentingnya penguasaan tajwid dalam proses hafalan al-Qur�an: studi kasus pada siswa BA Aisyiyah Pakunden 1 Ngluwar Magelang al-Qur'an merupakan kitab suci yang wajib dipelajari oleh umat Islam. Ada beberapa cara untuk mempelajari, salah satu nya dengan menghafal ayat ayat di dalamnya dan tentunya menghafal dengan intonasi serta pelafalan yang baik dan benar menggunakan ilmu tajwid. Sebagai seorang guru yang mengajar hafalan al-Qur'an pada siswa harus memiliki persepsi kuat pada pentingnya penguasaan tajwid dalam proses hafalan siswa karena ilmu tajwid membantu memastikan bahwa makna ayat yang dihafalkan dapat dipahami dengan baik dan benar serta diucapkan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pentingnya penguasaan tajwid dalam proses hafalan al-Qur'an pada siswa. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di tempat yang ditunjuk sebagai tempat penelitian. Serta teknik analisis data dengan analisis kualitatif Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpuln. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru di BA Aisyiyah Pakunden 1 sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Penguasaan Tajwid dalam Proses Hafalan al-Qur�an pada Siswa BA Aisyiyah Pakunden 1 Ngluwar Magelang mengangap ilmu tajwid itu memiliki peran penting dalam proses hafalan al-Quran pada siswa di BA Aisyiyah Pakunden 1.
Dosen Pembimbing: | Muhammad Azhar, Prof. Dr. Drs., M.Ag. | NIDN0508086101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Teacher Perception, Tajwid, Al-Qur'an memorization |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:35 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |