RIYANA (2024) METODE GURU DALAM MENGAJARKAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA REMAJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
METODE GURU DALAM MENGAJARKAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA REMAJASMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Gunungkidul merupakan sebuah sekolah yang berbasis pada nilai-nilai Islam, namun ternyata belum ada panduan khusus terkait pendidikan seksual, padahal pendidikan seksual ini penting untuk diajarkan terutama pada anak remaja yang sedang mengalami gejolak perubahan menuju ke masa dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan di SMP Muhammadiyah AL-Mujahidin Gunungkidul dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil 7 orang responden yang terdiri dari empat guru (BK, IPA, Pendidikan Akidah Akhlak, Fiqih) dan tiga peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles & Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Peneliti ini menggunakan triangulasi teknik dalam kreadibilitas data. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) terdapat 5 metode yang digunakan guru dalam mengajarakan pendidikan seksual, yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode ceramah dan tanya jawab, metode nasihat, dan metode hukuman. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam mengajarkan pendidikan seksual ialah penggunaan HP dan pergaulan peserta didik. 3) Upaya guru dalam mengatasi kendala dalam mengajarkan pendidikan seksual pada remaja adalah dengan merazia/mengecek HP peserta didik, memberikan nasihat dan bekerjasama dengan orang tua peserta didik.
Dosen Pembimbing: | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Teachers methods, sexual education, adolescents |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:22 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 03:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |