KHUSNI NASIRUDIN (2024) ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran AIK terhadap pembentukan akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kondisi akhlak peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Minggir bervariasi yaitu relatif berakhlak baik dan ditemukan beberapa peserta didik memiliki akhlak yang kurang baik, hal tersebut disebabkan oleh faktor-faktor seperti latar belakang keluarga yang broken/bercerai dan pengetahuan agama yang terbatas; (2) Pentingnya Pendidikan Agama Islam (AIK) dalam membentuk akhlak peserta didik sangatlah besar, menekankan praktik-praktik Islam dan nilai-nilai fundamentalnya; (3) Adanya elemen-elemen pendukung seperti ketersediaan fasilitas, integritas guru, dan kerjasama antar guru AIK, tantangan-tantangan tetap ada karena pengawasan dan bimbingan yang kurang dari para guru, serta kurangnya kolaborasi antara guru AIK dan staf pengajar lainnya. Mengatasi tantangan ini penting untuk terwujudnya implementasi pembelajaran AIK yang efektif serta adanya program pembentukan akhlak di sekolah tersebut.
Dosen Pembimbing: | Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0505089001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | AIK Learning, Moral Formation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:22 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 03:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |