NAUFAL ZAKY ELHASAN (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS ISLAMIC MONTESSORI DI SEKOLAH KB/TK RONA MONTESSORI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (981kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hakikatnya, Pendidikan Anak Usia Dini bukan tentang seberapa banyak otak anak menerima berbagai macam informasi, namun proses bagaimana otak anak mampu ditumbuh kembangkan, diberi motivasi, dan disedikaan lingkungan yang mampu menstimulus pengembangan potensi secara maksimal. Dari hal tersebut, menjadi sangat penting untuk diperhatikan oleh para pendidik dan pengelola lembaga pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mampu menyediakan lembaga pendidikan yang dapat menggali pontensi dan meningkatkan kemampuan otak anak. Dalam konteks pendidikan, kurikulum menjadi formulasi pedagogis yang penting. Sebab, di dalam kurikulum akan menjadi jelas terkait seluruh cara yang mampu dilakukan untuk mengarahkan siswa dalam mengembangkan potensi dirinya. Islamic Montessori sebagai salah satu jawaban dalam mendidik anak usia dini secara efektif, menggabungkan dua kurikulum, yaitu kurikulum Montessori dan kurikulum Pendidikan agama islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi kurikulum berbasis Islamic Montessori di KBTK Rona Montessori. penelitian ini menggunakan Metode kualitatif deskriptif dengan menerapkan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Sekolah KB/TK Rona Montessori telah melaksanakan proses Implementasi kurikulum Islamic Montessori baik dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
Dosen Pembimbing: | Fitriah, Dr., S.Pd.I., M.Ag. | NIDN1317107801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Curriculum Implementation, Islamic Montessori |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:27 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |