RAMADHANUR PUTRA (2024) STUDI KASUS PENDIDIKAN INTELEKTUAL BERBASIS CREATIVE MINORITY DI SEKOLAH PEMIKIRAN ISLAM PIMPINAN KOMISARIAT IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAI UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kompleksitas permasalahan pendidikan dan kebudayaan menuntut iklim pendidikan melahirkan para minoritas kreatif. Mereka adalah kelompok intelektual terdidik yang menjadi jantung perubahan masyarakat. Sebab, pendidikan sebagai salah satu pilar penting dalam kehidupan tidak hanya berfungsi sebagai ruang pengajaran. Namun juga berfungsi sebagai ruang kebudayaan dalam mendorong transformasi sosial. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan sejarah serta proses pendidikan intelektual berbasis creative minority yang telah dilaksanakan di Sekolah Pemikiran Islam PK IMM FAI UMY; 2) Mendeskripsikan peran creative minority dalam mengembangkan kapasitas intelektualitas mahasiswa; 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatproses pendidikan intelektual berbasis creative minority di Sekolah Pemikiran Islam PK IMM FAI UMY. Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah: 1) Founding Fathers Sekolah Pemikiran Islam; 2) Ketua Pelaksana Sekolah Pemikiran Islam 1 � 3; dan 3) Dua Peserta Sekolah Pemikiran Islam masing � masing periode (laki � laki dan perempuan). Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendeketan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lalu, kredibilitas data dengan tringuliasi data. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa PK IMM FAI UMY melaksanakan pendidikan intelektual berbasis creative minority sebagai program perkaderan pendukung untuk memfasilitasi para kader yang memiliki minat dan potensi intelektual melalui Sekolah Pemikiran Islam. Sekolah Pemikiran Islam dibentuk untuk melahirkan para calon Intelektual Islam di masa yang akan datang. Sekolah Pemikiran Islam dilaksanakan dengan sistem Pendidikan Kilat selama 1 � 4 hari. Pelaksanaan Sekolah Pemikiran Islam diatur oleh Rancang Bangun SILAM sebagai standar operasional prosedur. Meskipun, penerapan Rancang Bangun SILAM masih belum maksimal. Sekolah Pemikiran Islam memakai paradigma pendidikan pedagogi kritis dan metode pembelajaran andaragogi partisipatoris. Mayoritas alumni Sekolah Pemikiran Islam mengalami peningkatan kapasitas intelektual dan mampu berperan dalam mendorong perubahan di lingkungan sekitarnya setelah mengikuti sekolah ini.
Dosen Pembimbing: | Muhammad Azhar, Prof. Dr. Drs., M.Ag. | NIDN0508086101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Intellectual Education, Social Transformation, Creative Minority |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:02 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |