Dwi Arianto (2021) Nialai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kisah Nabi Ibrahim Mencari Tuhan pada QS. Al-An'am ayat 74-83 (Studi Komparasi Tafsir Al-Azhar dan Al-Mishbah). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa kitab Tafsir Al-Azhar dan Al-Mishbah dan sekunder berupa kitab, buku, jurnal, artikel yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data meggunakan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan metode komparasi dan analisis wacana dan penafsiran teks. Hasil penelitian: Penafsiran Hamka dan M. Qurais Shihab dalam kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan terdapat sikap Nabi Ibrahim yang rasional dan kritis. Melalui penafsiran tersebut terdapat beberapa nilai pendidikan Islam. Pertama, nilai pendidikan akidah yang terbagi dalam pendidikan tauhid ulu>hiyah, rubu>biyah dan asma>’ wa sifa>t. Kedua, nilai pendidikan Ibadah. Ketiga, nilai pendidikan muamalah. Keempat, nilai pendidikan akhlak. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan dapat diimplikasikan dalam praktik pendidikan Islam untuk memperbaiki dan memberi masukan terhadap sistem pendidikan Islam. Terdapat perbedaan dan persamaan penafsiran. Perbedaan dan persamaan terletak pada corak penafsiran, sehingga menghasilkan perbedaan dan persamaan pemaknaan arti kata.
Kata Kunci: nilai pendidikan Islam, kisah Nabi Ibrahim
| Dosen Pembimbing: | Akif Khilmiyah, Dr., M.Ag. | NIDN0512026801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:36 |
| Last Modified: | 17 Dec 2021 02:36 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
