TEGUH ILMAWAN (2024) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI PADA METODE ACTIVE LEARNING JENIS SMALL GROUP DISCUSSION PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (697kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan berkualitas akan menghasilkan generasi bangsa yang bermutu. Dalam upaya meningkatkan Pendidikan tersebut, pemerintah harus memberikan perhatian khusus terhadap komponen-komponen Pendidikan. Komponenkomponen tersebut ialah siswa, guru, tujuan, materi,metode, sarana dan prasarana, evaluasi dan lingkungan. Jenis penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses peningakatan hasil kualitas pembelajaran PAI dalam mata pelajaran Fiqih di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Jenis penelitian ini peneliti menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis deskriptif dengan menggunakan subyek purposive sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data dan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Berdasarkan hasil penelitian proses Pembelajaran PAI Active Learning Small Group Discussion dalam mata pelajaran fiqih di SMP Muhammadiyah 1 Minggir secara keseluruhan belum terlaksana dengan baik. dikarenakan masih ada sebagian dari guru PAI masih kurang mengetahui berbagai metode-metode dalam pembelajaran Active Learning selain metode ceramah, menghafal, diskusi biasa dan tanya jawab.Hasil Kualitas Pembelajaran PAI Active Learning Small Group Discussiion dalam mata pelajaran Fiqih berdasarkan hasil penelitian yakni adanya kerjasama, karena dalam pembelajaran siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan dituntut untuk saling belajar. Hal ini bahwa adanya kekompakan siswa dan pembelajaran yang berlangsung lebih aktif dan lebih memberdayakan potensi peserta didik, serta hasil dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI dalam Metode Active Learning Small Group Discussion terbukti prestasi siswa semakin meningkatnya dengan hasil tes yang diberikan oleh guru kepada mereka
Dosen Pembimbing: | Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Small Group Discussion Learning Method, Results of Improving the Quality of Learning |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 05:50 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 05:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |