DIRA MAIROZA BAHRI (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION PADA SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Differentiated instruction merupakan pendekatan pembelajaran dengan menyesuaikan pada potensi, minat dan kebutuhan siswa. Peran kepala sekolah dalam menentukan kebijakan pada sekolahnya tentulah sangat penting begitu juga dengan penerapan kebijakan differentiated instruction di sekolah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan differentiated instruction pada SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara peneliti berinteraksi secara langsung dengan kepala sekolah dan guru ISMUBA melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh peneliti kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran kepala sekolah dalam mengimplementasian differentiated instruction berhasil diaplikasikan pada proses pembelajaran di sekolah ini, dan terintegrasi dengan proses pembelajaran dengan kebutuhan siswa. Peran aktif kepala sekolah dalam mengarahkan guru - guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa menjadi faktor utama untuk melaksanakan differentiated instruction. Dukungan, dorongan, dan supervisi yang dilakukan kepala sekolah menjadi kunci keberhasilan implementasiannya. Meskipun dihadapi dengan tantangan seperti perubahan pola mengajar dan pengelolaan assesment, namun upaya solutif dengan evaluasi rutin untuk perubahan peningkatan selalu dilakukan. Differentiated instruction berdampak positif bagi siswa dan guru untuk meningkatkan pencapaian tujuan pendidikan. Evaluasi dan supervisi kepala sekolah menegaskan komitmen terhadap keberhasilan differentiated instruction di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Dosen Pembimbing: | Arif Budi Raharjo, Dr., M.Si., | NIDN0507086701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Differentiated Instruction, Leadership Role of School Principal |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:24 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |