FARAH NUR AZIZAH (2024) PEMAHAMAN MAHASISWA PAI TERHADAP KOMPETENSI GURU ABAD KE-21 (UJI BEDA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ANGKATAN 2021&2023). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki pemahaman yang berbeda-beda mengenai kompetensi guru abad ke-21. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman kompetensi guru abad ke-21 dan mengetahui perbedaan tingkat pemahaman kompetensi guru abad ke-21 pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta antara angkatan 2021 dengan 2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2021 dan 2023, dengan angkatan 2021 berjumlah 103 dan angkatan 2023 berjumlah 117. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin, jumlah sampel 164 mahasiswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner). Penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik. Data dianalisis menggunakan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian memperlihatkan mengenai tingkat pemahaman kompetensi guru abad ke-21 pada mahasiswa PAI termasuk katogeri sangat baik dengan nilai rata-rata presentase yang diperoleh sebesar 85,8% secara keseluruhan dan hasil uji beda diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,110 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa "Hipotesis ditolak".
Dosen Pembimbing: | Syamsudin, Drs., M.Pd. | NIDN0510076301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Students Understanding, 21st - Century Teacher Competencies |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 06:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 06:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |