FITRIA SUZITA INDAH (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE COACHING TERHADAP MOTIVASI SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (662kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Motivasi belajar memiliki peran yang penting dalam kesuksesan pendidikan, mendorong siswa untuk lebih berpartisipasi, berusaha keras, dan meraih hasil yang lebih baik. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode coaching sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Metode coaching membantu siswa merumuskan tujuan pembelajaran yang konkret, merencanakan langkah-langkah pencapaian, serta mengubah kegagalan menjadi peluang pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan kelas X RPL 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TBSM 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode coaching memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 60,5%, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 8,5%. Dengan demikian, metode coaching tidak hanya meningkatkan motivasi siswa, tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap diri sendiri dan tujuan belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode coaching dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan memberikan dampak positif dalam konteks pendidikan.
Dosen Pembimbing: | Abd. Madjid, Prof. Dr., M.Ag. and Abd. Madjid, Prof. Dr., M.Ag. | NIDN0504036101, NIDN0504036101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Learning Motivation, Coaching, Quasi Eksperimen |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 01:52 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 01:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |