FITRI KURNIA WATI (2024) ANALISIS PPL DAN DAMPAKNYA PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PAI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis PPL Dan Dampaknya pada Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PAI Angkatan 2020 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pengelolaan program PPL, Mengetahui kompetensi pedagogik mahasiswa PPL PAI angkatan 2020, menganalisis faktor penghambat dan pendukung pengelolaan PPL dan kompetensi pedagogik mahasiswa PAI angkatan 2020 Dan menganalisis dampak PPL pada kompetensi pedagogik mahasiswa PAI angkatan 2020. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Riset) dengan pendekatan kualitatif deskriptif analisis. Penelitian ini menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pendidikan memegang peran penting dalam kemajuan bangsa dan pengembangan individu, dengan guru sebagai elemen krusial. Namun, berdasarkan observasi awal, mahasiswa menghadapi beberapa tantangan dalam menerapkan kompetensi pedagogik selama PPL, seperti kesulitan dalam mengaplikasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), perbedaan kurikulum, dan pemilihan metode serta strategi pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengelolaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melibatkan empat tahap dan membutuhkan kerjasama antar semua pihak. Mahasiswa PPL PAI menunjukkan kompetensi pedagogik yang baik dalam proses pembelajaran, meski ada tantangan dan hambatan. Faktor penghambat dalam pengelolaan PPL dan kompetensi pedagogik meliputi miskomunikasi, kendala dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan, serta kendala teknis. Sedangkan, faktor pendukungnya adalah adanya bimbingan, monitoring, pelajaran microteaching, dan berbagai metode pengajaran. Dampak PPL pada kompetensi pedagogik diantaranya: menfasilitasi peningkatan pemahaman terhadap proses pengajaran, penggunaan teknologi, pemahaman karakter siswa dan meningkatkan percaya diri.
Dosen Pembimbing: | Muh. Samsudin, Dr., S.Ag., M.Pd. | NIDN0504057002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | PPL, pedagogical competence, impact of PPL, PAI students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:28 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |