HUBUNGAN ACADEMIC RESILIENCE DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

NURUL HANIFAH (2024) HUBUNGAN ACADEMIC RESILIENCE DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Mahasiswa profesi keperawatan menjalani masa profesinya (Ners) dengan menggabungkan teori dan skill yang diperoleh selama perkuliahan ke dalam praktik nyata. Mereka masih berkewajiban menyelesaikan tugas akademik sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Di samping itu, mereka juga harus menyeimbangkannya dengan jadwal shift yang tidak menentu. Hal tersebut memicu stres yang dapat berakhir dengan academic burnout. Maka penting bagi mereka untuk mempunyai academic resilience sebagai upaya agar terhindar dari academic burnout. Academic resilience sendiri bermakna sebagai kemampuan yang ada pada diri seseorang untuk menghadapi tantangan di bidang akademik.Tujuan penelitian: Mengidentifikasi hubungan academic resilience dengan academic burnout pada mahasiswa profesi keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Metode: Menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Responden berjumlah 68 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan menggunakan Academic Resilience Scale (ARS-30) dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). Analisa data dilakukan dengan uji statistic menggunakan uji Pearson.Hasil: Mayoritas mahasiswa memiliki academic resilience tinggi sebanyak 60 mahasiswa (88,2%). Kebanyakan mereka mengalami academic burnout sedang sejumlah 38 mahasiswa (55,9%). Uji statistik mendapatkan hasil p-value = 0,002 < 0,005 dan r = -0,375 yang menunjukkan hubungan signifikan antara dua variabel dengan arah hubungan negatif dan kekuatan hubungan lemah. Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara academic resilience dengan academic burnout pada mahasiswa profesi keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan arah hubungan negatif dimana semakin tinggi tingkat academic resilience maka semakin rendah tingkat academic burnout yang dialami mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: academic burnout, academic resilience, students
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:18
Last Modified: 10 Jun 2024 06:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46251

Actions (login required)

View Item
View Item