RESANGGA ALFIRAFINDRA F (2024) INVESTIGATING STUDENTS STRATEGIES TO AVOID PLAGIARISM IN ACADEMIC WRITING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (541kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Bab I.pdf
Download (41kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (26kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (63kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi investigasi siswa untuk menghindari plagiarisme dalam penulisan akademis. Berdasarkan pertanyaan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mencari tahu dan mengeksplorasi informasi yang lebih rinci tentang topik tersebut. Metode penelitian kualitatif deskriptif juga digunakan oleh peneliti untuk menyelidiki pengalaman peserta. Sebagai peserta penelitian, lima mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari universitas swasta Islam di Yogyakarta dipilih. Peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data sebagai instrumen penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan dua temuan yang terkait dengan strategi siswa tentang bagaimana menghindari plagiarisme pada siswa bahasa Inggris. Temuan ini menggunakan anti plagiarisme dan parafrase. Sementara, dalam pertanyaan penelitian kedua peneliti menemukan tiga temuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi praktik plagiarisme seperti yang dialami oleh para siswa. Pertama adalah tidak ada persyaratan untuk memeriksa plagiarisme, yang kedua kurang kesadaran untuk penulisan akademis, batas waktu ketiga penulisan akademik. Secara umum, menemukan strategi siswa tentang bagaimana menghindari plagiarisme pada siswa bahasa Inggris tentang bagaimana dan langkah-langkah yang dapat diambil siswa untuk menghindari plagiarisme dalam penulisan akademis. Juga, menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi praktik plagiarisme seperti yang dialami oleh para siswa. Peneliti tertarik pada alasan yang mengarahkan siswa untuk menjiplak untuk menentukan akar masalah dan memberi saran kepada dosen tentang cara menghentikan plagiarisme.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Plagiarism, Academic Writing, Anti Plagiarism Software |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:00 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46273 |