INVESTIGATING STUDENTS STRATEGIES TO AVOID PLAGIARISM IN ACADEMIC WRITING

RESANGGA ALFIRAFINDRA F (2024) INVESTIGATING STUDENTS STRATEGIES TO AVOID PLAGIARISM IN ACADEMIC WRITING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi investigasi siswa untuk menghindari plagiarisme dalam penulisan akademis. Berdasarkan pertanyaan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mencari tahu dan mengeksplorasi informasi yang lebih rinci tentang topik tersebut. Metode penelitian kualitatif deskriptif juga digunakan oleh peneliti untuk menyelidiki pengalaman peserta. Sebagai peserta penelitian, lima mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari universitas swasta Islam di Yogyakarta dipilih. Peneliti menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data sebagai instrumen penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan dua temuan yang terkait dengan strategi siswa tentang bagaimana menghindari plagiarisme pada siswa bahasa Inggris. Temuan ini menggunakan anti plagiarisme dan parafrase. Sementara, dalam pertanyaan penelitian kedua peneliti menemukan tiga temuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi praktik plagiarisme seperti yang dialami oleh para siswa. Pertama adalah tidak ada persyaratan untuk memeriksa plagiarisme, yang kedua kurang kesadaran untuk penulisan akademis, batas waktu ketiga penulisan akademik. Secara umum, menemukan strategi siswa tentang bagaimana menghindari plagiarisme pada siswa bahasa Inggris tentang bagaimana dan langkah-langkah yang dapat diambil siswa untuk menghindari plagiarisme dalam penulisan akademis. Juga, menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi praktik plagiarisme seperti yang dialami oleh para siswa. Peneliti tertarik pada alasan yang mengarahkan siswa untuk menjiplak untuk menentukan akar masalah dan memberi saran kepada dosen tentang cara menghentikan plagiarisme.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Plagiarism, Academic Writing, Anti Plagiarism Software
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:00
Last Modified: 03 Jul 2024 03:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46273

Actions (login required)

View Item
View Item