WILDANI KHOIRI OKTAVIA (2024) PERAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP STRES AKADEMIK MELALUI MEDIATOR KOPING RELIGIUS PADA MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (725kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (300kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Bab I.pdf
Download (201kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (551kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (830kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (603kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial teman sebaya, efikasi diri terhadap stres akademik melalui mediator koping religius. Menggunakan pendekatan kuantitatif, instrumen pengumpulan data melalui teknik skala, yaitu : skala stres akademik, skala dukungan sosial teman sebaya, skala efikasi diri dan skala koping religius. Subjek penelitian ini diambil dari 3 Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta. Teknik sampling berdasarkan purposive sampling, responden penelitian ini berjumlah 500 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri memiliki peran yang signifikan terhadap stres akademik pada mahasiswa. Dukungan sosial dari teman sebaya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stres akademik. Koping religius memiliki peran yang signifikan terhadap stres akademik. Efikasi diri memiliki pengaruh terhadap stres akademik melalui koping religius pada mahasiswa. Dukungan sosial dari teman sebaya juga memiliki pengaruh terhadap stres akademik melalui koping religius pada mahasiswa. Koping religius terbukti menjadi mediator antara efikasi diri dan dukungan sosial dari teman sebaya terhadap stres akademik. Penelitian ini menyoroti pentingnya efikasi diri, dukungan sosial, dan koping religius dalam mengelola stres akademik pada mahasiswa, serta mengidentifikasi koping religius sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara efikasi diri, dukungan sosial, dan stres akademik. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu institusi pendidikan, para praktisi dan mahasiswa dalam mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk mengelola atau mengurangi stres akademik mahasiswa dengan menerapkan strategi koping religius dan meningkan efikasi diri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peer social support, self-efficacy, religious coping, academic stress. |
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:34 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46388 |