NUGRAHADI DITYO SETYOWIBOWO (2024) STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN OMBEIN INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID-19 PERIODE TAHUN 2020-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (886kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pandemi yang terjadi pada tahun 2020 hingga 2021 berdampak terhadap seluruh aspek kehidupan manusia khususnya di bidang ekonomi. Para pelaku UMKM perlu melakukan penyesuaian terhadap sistem penjualan dan promosi yang biasanya dapat dilakukan secara tatap muka. Ditengah pandemi yang melanda, banyak usaha terpaksa gulung tikar. Berbeda dengan Ombein Indonesia, yang justru mulai membuka cabang di beberapa daerah Jawa Tengah. Ombein sendiri merupakan salah satu bisnis minuman kekinian dengan berbagai varian rasa dan topping namun tetap mengutamakan kualitas premium dan harga yang terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat. Selama pandemi di tahun 2020 - 2021, Ombein Indonesia memaksimalkan platform media sosial Instagram, Twitter dan Tiktok untuk mempromosikan produknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi promosi Ombein dalam media sosial untuk meningkatkan penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui in-depth interview, studi literatur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa selama pandemi, Ombein tidak bisa berinteraksi langsung dengan konsumen di store, padahal interaksi dan pelayanan secara tatap muka menjadi ciri khas pemasaran dari Ombein Indonesia. Pada tahun 2020, penjualan Ombein sempat mengalami penurunan sehingga solusi yang ditempuh adalah melalui promosi di sosial media dan juga e-commerce seperti Shopee Food dan lainnya. Bagi Ombein, e-commerce adalah platform yang mendukung promosinya dimana e-commerce dapat menawarkan diskon dan promo sejenis seperti gratis ongkir, dan lain sebagainya. Pola promosi yang dilakukan dibagi dua, yakni berbasis follower dan non follower. Berbasis follower dimaksimalkan pada soft selling. Adapun platform-nya yakni Tiktok dan Instagram. Sedangkan non follower adalah e-commerce, Twitter, Facebook dan website. Pada non follower menggunakan pendekatan hardsell.
Dosen Pembimbing: | Zein Mufarrih Muktaf, Dr., S.IP., M.I.Kom. | NIDN0519048203 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Promotional Strategy, Social Media, E-commerce, Sales |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:17 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 06:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |