HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

JIBRAIL ANDI MATTURUNGAN (2024) HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Problem-based learning (PBL) merupakan sebuah inovasi dari beberapa model pembelajaran. Pembelajaran Berbasis Masalah adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menantang mahasiswa untuk "belajar bagaimana belajar" dengan bekerja secara berkelompok untuk menemukan solusi dari suatu masalah yang relevan dalam kehidupan nyata. Penyelesaian masalah ini dirancang untuk membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan antara kinerja tutor dan kemandirian belajar mahasiswa dalam konteks PBL di Fakultas Kedokteran UMY.. Metode : Penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian analisis observatif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. dengan sample penelitian merupakan mahasiswa semester 5 yang telah mengikuti blok 15 (Metode Penelitian) dan 16 (Urinaria). Data diambil dengan metode random sampling dimana setiap orang di seluruh populasi target memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih. Uji Chi square untuk melihat hubungan kinerja tutor dan kemandirian belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Orang. Selanjutnya, menggunakan uji korelasi statistik Pearson correlation coefficient (r) untuk mengetahui apakah ada hubungan linear antara kinerja tutor dan kegiatan belajar mandiri Hasil : Kinerja tutor dan Kemandirian belajar didapatkan hasil yang cenderung baik pada mahasiswa semester 5 FK UMY di blok 15 dan 16.Terdapat signifikansi antara kinerja tutor dan kemandirian belajar mahasiswa semester 5 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada blok 15 p=0,000 (p<0,001) dan blok 16 p=0,000 (p<0,001). Rata-rata hasil dari penilaian kinerja tutor dan kemandirian belajar pada blok 15&16 juga memiliki signifikansi p=0,000 (p<0,001) artinya terdapat hubungan antara kinerja tutor dan kemandirian belajar pada mahasiswa FK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kesimpulan :Terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja tutor dan kemandirian belajar mahasiswa semester 5 pada blok 15 dan blok 16, dibuktikan dengan hasil uji fisher menunjukkan nilai p=0,000 (p<0,001).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tutor Performance, Learning Independence, Problem-based learning (PBL)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:36
Last Modified: 30 Jul 2024 07:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46596

Actions (login required)

View Item
View Item