JIBRAIL ANDI MATTURUNGAN (2024) HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PROBLEM-BASED LEARNING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (827kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Problem-based learning (PBL) merupakan sebuah inovasi dari beberapa model pembelajaran. Pembelajaran Berbasis Masalah adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menantang mahasiswa untuk "belajar bagaimana belajar" dengan bekerja secara berkelompok untuk menemukan solusi dari suatu masalah yang relevan dalam kehidupan nyata. Penyelesaian masalah ini dirancang untuk membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan antara kinerja tutor dan kemandirian belajar mahasiswa dalam konteks PBL di Fakultas Kedokteran UMY.. Metode : Penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian analisis observatif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. dengan sample penelitian merupakan mahasiswa semester 5 yang telah mengikuti blok 15 (Metode Penelitian) dan 16 (Urinaria). Data diambil dengan metode random sampling dimana setiap orang di seluruh populasi target memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih. Uji Chi square untuk melihat hubungan kinerja tutor dan kemandirian belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Orang. Selanjutnya, menggunakan uji korelasi statistik Pearson correlation coefficient (r) untuk mengetahui apakah ada hubungan linear antara kinerja tutor dan kegiatan belajar mandiri Hasil : Kinerja tutor dan Kemandirian belajar didapatkan hasil yang cenderung baik pada mahasiswa semester 5 FK UMY di blok 15 dan 16.Terdapat signifikansi antara kinerja tutor dan kemandirian belajar mahasiswa semester 5 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada blok 15 p=0,000 (p<0,001) dan blok 16 p=0,000 (p<0,001). Rata-rata hasil dari penilaian kinerja tutor dan kemandirian belajar pada blok 15&16 juga memiliki signifikansi p=0,000 (p<0,001) artinya terdapat hubungan antara kinerja tutor dan kemandirian belajar pada mahasiswa FK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kesimpulan :Terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja tutor dan kemandirian belajar mahasiswa semester 5 pada blok 15 dan blok 16, dibuktikan dengan hasil uji fisher menunjukkan nilai p=0,000 (p<0,001).
Dosen Pembimbing: | Sri Sundari, Dr. dr, M.Kes | NIDN0513046701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Tutor Performance, Learning Independence, Problem-based learning (PBL) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:36 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |