Oktiana Nur Aryani (2021) Efektivitas Penggunaan Metode Qira'ati Dan Ummi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Pada Siswa Di MI Muhammadiyah Sipedang. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (32MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Qira’ati dan metode Ummi dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MI Muhammadiyah Sipedang, dan untuk mengetahui perbandingan efektivitas antara metode Qira’ati dan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitiann ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dan untuk memperkuat data peneliti menggunakan model komperatif dengan melakukan wawancara. Pengambilan sampel dengan teknik Stratified-cluster random sampling yaitu 84 peserta didik yang sedang belajar di kelas 4, 5, dan 6. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui; tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, dilakukan analisis data dengan langkahlangkah analisis pendahuluan, uji t-test, dan analisis lanjutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; proses pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qira’ati dan metode Ummi yaitu terdiri dari tahap pembukaan, kegiatan inti, evaluasi, dan diakhiri dengan penutup. Pengukuran efektivitas kedua metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan data kuantitatif dan memperkuat data menggunakan tekhnik wawancara yang meliputi aspek tugas dan fungsi, aspek perencanaan dan program, aspek ketentuan dan aturan, serta aspek tujuan dan kondisi ideal. Data kuantitatif hasil tes lisan kemampuan baca Al-Qur’an dianalisis dengan kuantitatif deskriptif serta uji t-test. Rata-rata nilai kemampuan baca Al-Qur’an dengan metode Qira’ati lebih tinggi dengan nilai sebesar 77,95 dibandingkan dengan ratarata nilai kemampuan baca Al-Qur’an dengan metode Ummi yaitu dengan nilai 72,71. Sedangkan signifikasi uji t-test yang didapatkan sebesar 0,005. Hasil tersebut berdasarkan dengan aturan penyimpulannya, maka 0,005 ≤ 0,01 yang menunjukkan bahwa perbedaan antara kedua metode dinyatakan sangat signifikan.
| Dosen Pembimbing: | Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. and UNSPECIFIED | NIDN0505089001, NIDN |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
| Date Deposited: | 18 Dec 2021 02:56 |
| Last Modified: | 18 Dec 2021 02:56 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
