LIA SILVIA (2024) HUBUNGAN ANTARA ADIKSI INTERNET DENGAN PERILAKU IMPULSIVE BUYING ONLINE PADA MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Semakin berkembangnya jaman semakin berkembang juga dunia teknologi. Orang-orang semakin mudah untuk melakukan banyak hal. Salah satunya berbelanja online atau e-commerce. Semua dilakukan dengan mudah asal terkoneksi dengan internet. Hal tersebut bisa menjadikan kecanduan internet. Semakin lama seseorang terkoneksi dengan internet semakin banyak informasi yang didapatkan. Yang mana bisa mengakibatkan impulse buying online karena dengan terkoneksi internet seseorang bisa melihat promosi dan produk apapun. Seseorang bisa membeli produk tanpa terencana karena tergiur dari promosi yang berkali-kali mereka lihat. Tujuan : Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan antara adiksi internet dengan perilaku impulse buying online pada mahasiswa. Metode : penelitian ini menggunakan desain kuantitatif crosssectional menggunakan pendekatan asosiatif. Dengan jumlah responden sebanyak 386 mahasiswa. Menggunakan kuisoner IAT (Internet Addiction Test) dengan Nilai korelasi item-total berkisar antara 0,317 hingga 0,574 serta nilai konsistensi internal koefisien Cronbach alpha sebesar 0,855 dan IBTS ( Impulsive Buying Tendency Scale) Uji korelasi Pearson dilakukan antara setiap item Dari 20 item terdapat 3 item yang kurang valid karena nilai korelasi item kurang dari r table yaitu 0,3120 serta nilai konsistensi internal koefisien Cronbach alpha sebesar 0.720. Analisa pada penelitian ini menggunakan menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil : Hasil uji spearmen didapatkan nilai signifikan p-value = 0.000 (p kurangdari 0.05) yang dapat diartikan bahwa kedua variable terdapat korelasi atau hubungan. Nilai r ( koefisien korelasi) pada tabek diatas sebesar 0.308 yang meenunjukan arah positif dengan kekuatan korelasi lemah. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara adiksi interner dengan perilaku impulsive buying online pada mahasiswa dengan kekuatan hubungan lemah dengan arah positif. Yang artinya bahwa semakin tinggi skor adiksi internet pada mahasiswa maka semakin tinggi pula perilaku impulsive pada mahasiswa.
Dosen Pembimbing: | Yanuar Fahrizal, S.Kep., Ns. M.Kep., Sp.Kep.J | NIDN0518018901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Internet addiction, Impulsive buying online, Students |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:31 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |