IRA ERISKA (2024) ANALISIS QUALITY OF SERVICE PADA JARINGAN WIRELESS UMYFIRST DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (777kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Bab I.pdf
Download (76kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (518kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyediakan akses internet yang dikelola oleh Lembaga Sistem Informasi (LSI) UMY untuk mendukung kegiatan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Quality of Service (QoS) pada jaringan wireless UMYfirst di Gedung F4 Lantai 2 Fakultas Teknik UMY. Evaluasi dilakukan selama jam sibuk perkuliahan dengan fokus pada tiga situs web: E-Learning (Myklass), Netacad, dan YouTube. Pengujian dilakukan pada sesi 2 (08:50-10:30 WIB), sesi 3 (10:40-11:30 WIB), dan sesi 5 (13:20-15:30 WIB). Hasil penelitian menunjukkan adanya kendala dalam kualitas koneksi jaringan, seperti kecepatan yang lambat saat penggunaan internet secara bersamaan dan masalah pada proses upload dan download. Nilai rata-rata throughput maksimal per mahasiswa adalah 0,3476 kbps dengan indeks 1 (jelek), nilai rata-rata packet loss maksimal adalah 0 persen dengan indeks 4 (sangat bagus), nilai rata-rata delay maksimal adalah 451,6554 ms dengan indeks 1 (jelek), dan nilai rata-rata jitter maksimal adalah 710,3028 ms dengan indeks 1 (jelek).Sebaran hasil survei menunjukkan bahwa 60% responden menyatakan koneksi internet di Gedung F4 menurun dan lambat atau sangat lambat, 26% menyatakan koneksi sedang, dan 13% menyatakan koneksi cepat. Koneksi internet dinilai buruk pada jam sibuk perkuliahan: 71% menyatakan pukul 13:00-15:00 WIB, 69% menyatakan pukul 09:00-12:00 WIB, dan 58% menyatakan pukul 12:00-13:00 WIB. Pada sesi 2, sesi 3, dan sesi 5, sebanyak 69% responden mengidentifikasi masalah internet lambat dan 21% mengidentifikasi kesulitan dalam koneksi. Data yang diperoleh dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja QoS pada jaringan wireless UMYfirst dan membantu dalam perencanaan serta pengembangan infrastruktur jaringan di area kampus lainnya. Rekomendasi kebijakan diberikan kepada pihak LSI untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi gangguan selama jam perkuliahan. Dengan demikian, untuk penggunaan optimal situs Myklass, Netacad, dan YouTube secara bersamaan serta diakses oleh banyak pengguna, diperlukan bandwidth yang memadai agar kecepatan koneksi dapat meningkatkan kenyamanan pengguna internet.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quality of Service (QoS), wireless network, UMYfirst, E-Learning, Building F4, 2nd Floor |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 06:46 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 06:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46897 |