ANNISA QURROTA A'YUN DIAN NUGRAHENI (2024) PEMBUATAN ASET 2D GAME EDUKATIF DENGAN NUANSA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pengenalan konsep pemrograman dasar pada usia dini adalah langkah penting dalam mempersiapkan generasi masa depan untuk menghadapi tantangan teknologi. Pembelajaran pemrograman dasar dapat memberikan stimulasi kepada anak sejak dini untuk mengembangkan pola pikir kreatif, kemampuan kolaborasi, dan kemampuan berkomunikasi. Adapun permasalahan yang dikaji adalah belum tersedianya aset grafis pada game edukatif pembelajaran pemrograman dasar yang bertema kearifan lokal, khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat aset 2D yang digunakan dalam game edukatif pembelajaran pemrograman dasar dengan tema kearifan lokal. Dengan menggunakan aset grafis yang mencerminkan budaya dapat membantu memperkenalkan dan melestarikan budaya kepada generasi muda.Metode yang digunakan dalam pembuatan aset ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahapan konsep, desain, pembuatan, pengujian, serta distribusi. Proses pengujian dilakukan dengan metode Expert Review dan Image Testing, melibatkan para ahli untuk memverifikasi kesesuaian aset dalam membangun game edukatif pembelajaran pemrograman dasar serta pengguna untuk memastikan aset 2D yang dibuat mencerminkan.budaya Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah aset 2D yang telah diujikan dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam game edukatif pembelajaran pemrograman dasar.
Dosen Pembimbing: | Reza Giga Isnanda, Dr., S.T., M.Sc. and Apriliya Kurnianti, S.T., M.Eng. | NIDN0503068601, NIDN0518048401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Bacis programming, Educational Games, 2D assets, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 06:20 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 06:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |