PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @NETFLIXID TERHADAP MINAT BERLANGGANAN NETFLIX DI KALANGAN FOLLOWERS DENGAN DIPERANTARAI OLEH VARIABEL SIKAP PADA PERILAKU BERLANGGANAN NETFLIX

HELGA MAHARDIKA (2024) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @NETFLIXID TERHADAP MINAT BERLANGGANAN NETFLIX DI KALANGAN FOLLOWERS DENGAN DIPERANTARAI OLEH VARIABEL SIKAP PADA PERILAKU BERLANGGANAN NETFLIX. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (790kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran sikap sebagai variabel mediator pada hubungan antara variabel intensitas mengakses akun Instagram @NetflixId dterhadap minat berlangganan Netflix di kalangan followers. Penelitian menggunakan metode eksplanatif kuantitatif dengan kerangka berpikir Theory of Reasoned Action oleh Fishbein dan Ajzen (1975) serta metode pengujian hipotesis 3D dari Baron dan Kenny (1986). Penelitian dilaksanakan menggunakan angket kuesioner yang disebarkan melalui media sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah para followers @NetflixId yang pernah atau memiliki ketertarikan berlangganan Netflix. Sampel dari penelitian ini berjumlah 400 orang yang dihitung berdasarkan rumus slovin dan diambil menggunakan teknik convienence sampling. Penelitian ini menggunakan angket kuesioner yang berjumlah 17 pertanyaan dengan hasil validitas sebesar 0,703 dan reliabilitas 0, 830. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas mengakses akun Instagram @NetflixId berpengaruh positif dan signifikan sebesar 31,4 % (sig. 0,000) terhadap sikap pada berlangganan Netflix. Sikap pada berlangganan Netflix berpengaruh 61,5 % (sig. 0,000) terhadap minat berlangganan Netflix. Intensitas mengakses akun Instagram @NetflixId berpengaruh 25 % (sig. 0,000) terhadap minat berlangganan Netflix. Intensitas mengakses akun Instagram NetflixId berpengaruh sebesar 62 % terhadap minat berlangganan Netflix jika dikontrol oleh variabel sikap pada berlangganan Netflix (sig. 0,017). Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa sikap positif terhadap informasi yang diperoleh dari Instagram sangat penting dalam memperkuat hubungan antara intensitas penggunaan Instagram dan minat berlangganan Netflix. Konten yang memberikan informasi bermanfaat dan interaksi sosial yang positif dapat meningkatkan persepsi dan sikap konsumen, yang pada gilirannya meningkatkan minat mereka untuk berlangganan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Attitude, Behavior, Instagram, Netflix, Subscription Interest
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:12
Last Modified: 16 Aug 2024 03:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46919

Actions (login required)

View Item
View Item