Alamuddien Asyrozi (2020) URGENSI TOAFL DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA SEMESTER 6 PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB TAHUN AKADEMI 2019/2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Riset ini berbicara tentang urgensi Toafl (Test of Arabic as a Foreign Language) dalam meningkatkan skill kebahasaan, dimana riset ini menjadikan mahasiswa semester 6 jurusan pendidikan bahasa Arab fakultas pendidikan bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai sampel kajian dengan metode Simple Random Sampling, pemilihan sample secara acak dan sederhana yang memberikan peluang dan kedudukan yang sama bagi seluruh populasi, adapun jumlah mahasiswanya adalah 15 mahasiswa. Peneliti Menggunakan dalam kajianya metode kualitatif dengan pendekatan analysis deskriptif dalam mendeskripsikan data data yang diperoleh dari ujian toafl, adapun metode pengumpulan data itu didasarkan dari beberapa tahapan, diantaranya observasi wawancara dan dokumentasi. Diantara hasil kajian yang terpenting bahwasanya ujian toafl ini mencakup tiga kemampuan berbahasa, yaitu: kemahiran mendengar, kemahiran membaca, dan kemahiran menulis, dan dari hasi penelitian terhadap mahasiswa yang terpilih sungguh telah memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemahiran berbahasa mereka, hal itu ditujukan dengan nilai yang diperoleh pada dua ujian pada setiap kemampuan berbahasa, dengan perincianya: 14 mahasiswa memperoleh nilai yang meningkat pada kemampuan mendengar, dan hanya 1 mahasiswa saja yang memperoleh nilai yang sama pada dua ujian kemampuan mendengar, adapun pada kemampuan membaca terlihat ada 9 mahasiswa yang meningkat nilainya dari ujian kemampuan membaca pertama ke ujian kedua dan sisanya ada 6 mahasiswa yang mengalami penurunan, sementara dalam kemampuan menulis ada 10 mahasiswa yang meningkat nilainya dari ujian pertama ke ujian kedua dan 3 pada nilai yang sama atau tidak berubah dan 2 mahasiswa yang lainya mengalami penurunan. Disini dapat dicatat bahwasanya nilai rata rata yang tinggi yang significant diperoleh dalam kemampuan mendengar yaitu dengan tingkat rata rata 45%
Dosen Pembimbing: | MUH. NAIM MADJID, P.Hd | NIDN0503058201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 01:41 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 02:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |