MUKTI ADYATMA (2024) STUDENTS' ANXIETY IN SPEAKING ENGLISH AT A PRIVATE JUNIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa kelas 8 di sebuah sekolah menengah swasta di Yogyakarta dan juga untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan. Penelitian ini didasarkan pada kondisi di mana peneliti menemukan bahwa ada siswa yang sulit berbicara karena kecemasan mereka. Penelitian ini menggunakan metode campuran untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua dengan alat berupa kuesioner dan panduan wawancara. Kuesioner menggunakan uji reliabilitas dan validitas untuk mengetahui apakah kuesioner tersebut sesuai untuk penelitian ini atau tidak. Hasil dari uji tersebut menunjukkan bahwa kuesioner tersebut reliabel dan valid untuk digunakan. Selanjutnya, panduan wawancara menggunakan pengecekan anggota dengan memberikan transkrip hasil wawancara kepada responden, dan hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada informasi yang salah atau tidak valid dari wawancara tersebut.Metode kuantitatif dilakukan dengan melibatkan 163 peserta yang menghasilkan 3 siswa dengan tingkat kecemasan rendah, 100 siswa dengan tingkat kecemasan sedang, dan 60 siswa dengan tingkat kecemasan tinggi. Secara umum, tingkat kecemasan seluruh peserta berada pada tingkat sedang. Dari tingkat tersebut, peneliti mewawancarai 3 siswa, yaitu 1 siswa dari tingkat kecemasan rendah, 1 siswa dari tingkat kecemasan sedang, dan 1 siswa dari tingkat kecemasan tinggi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa mengalami penyebab seperti sikap guru yang tidak sesuai, sikap negatif dari teman sekelas, tingkat keterampilan bahasa Inggris yang rendah, ketakutan akan kesalahpahaman, dan rasa malu.
Dosen Pembimbing: | Mariska Intan Sari, S.S., M.A. | NIDN0520038002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Anxiety, FLCAS, level of Anxiety, Factors of anxiety |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:58 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |