THE EFFECTIVENESS OF CARTOON MOVIES FOR EFL STUDENTS' VOCABULARY MASTERY

WIWI MAIMUNAH (2024) THE EFFECTIVENESS OF CARTOON MOVIES FOR EFL STUDENTS' VOCABULARY MASTERY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak film kartun dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Film kartun menyediakan konten audio dan visual yang menarik yang membantu siswa menangkap materi pembelajaran secara efektif sekaligus membantu guru dalam menyampaikan pelajaran. Penelitian ini melibatkan sampel 37 siswa kelas dua di sebuah sekolah menengah pertama swasta di Yogyakarta. Metode kuantitatif dan desain eksperimental digunakan, khususnya desain pra-eksperimental dengan satu kelompok pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest siswa adalah 52,84, sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 74,46. Uji Wilcoxon digunakan untuk analisis data, dengan kriteria jika nilai Asymp. Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,007 yang lebih kecil dari 0,05 (0,007 < 0,05). Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan film kartun dalam pembelajaran bahasa Inggris secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Film kartun merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: English vocabulary mastery, teaching English, cartoon movie, vocabulary improvement, experimental design
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:29
Last Modified: 01 Aug 2024 03:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47341

Actions (login required)

View Item
View Item