STRATEGI KOMUNIKASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UMY DALAM MENDUKUNG DAKWAH ISLAM DI ERA DIGITAL

ALYAA HASNIDA RIZQI RAHMADHANI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UMY DALAM MENDUKUNG DAKWAH ISLAM DI ERA DIGITAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi komunikasi dakwah melalui media sosial Instagram yang dilakukan oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KPI UMY). Dengan latar belakang perkembangan era digital, penggunaan media sosial menjadi penting dalam menyebarkan pesan dakwah Islam kepada audiens yang lebih luas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan tim pengelola akun Instagram @officialkpiumy sebagai subjek penelitian. Subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Adapun jumlah subjek yang terlibat dan memenuhi kriteria dalam penelitian ini berjumlah empat orang. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, lalu ditarik kesimpulan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan Instagram KPI UMY dengan tujuan utamanya sebagai media promosi namun juga menyelipkan pesan dakwahnya, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada instagram. Setiap konten mengajak kebaikan, mengedukasi, dan memberikan informasi yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dawah communication, Instagram, Islamic Communication and Broadcasting, Social Media
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:18
Last Modified: 19 Aug 2024 06:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47590

Actions (login required)

View Item
View Item