ALYAA HASNIDA RIZQI RAHMADHANI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UMY DALAM MENDUKUNG DAKWAH ISLAM DI ERA DIGITAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (309kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Bab I.pdf
Download (295kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (364kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (574kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi komunikasi dakwah melalui media sosial Instagram yang dilakukan oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KPI UMY). Dengan latar belakang perkembangan era digital, penggunaan media sosial menjadi penting dalam menyebarkan pesan dakwah Islam kepada audiens yang lebih luas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan tim pengelola akun Instagram @officialkpiumy sebagai subjek penelitian. Subyek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria tertentu. Adapun jumlah subjek yang terlibat dan memenuhi kriteria dalam penelitian ini berjumlah empat orang. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, lalu ditarik kesimpulan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemanfaatan Instagram KPI UMY dengan tujuan utamanya sebagai media promosi namun juga menyelipkan pesan dakwahnya, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada instagram. Setiap konten mengajak kebaikan, mengedukasi, dan memberikan informasi yang bermanfaat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dawah communication, Instagram, Islamic Communication and Broadcasting, Social Media |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 06:18 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 06:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47590 |