ALSEND ZUHDI IZZATUL FAYADH (2024) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PEMBINA DAN ANAK ASUH DALAM PROSES PENINGKATAN HAFALAN AL-QURAN DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ISLAM RM. SURYOWINOTO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (629kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (182kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas komunikasi interpersonal antara para pembina dan anak asuh dalam proses peningkatan hafalan Al-Quran di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM. Suryowinoto Yogyakarta. LKSA sebagai lembaga kesejahteraan anak memiliki tujuan memberikan pelayanan kepada anak dan membantu membimbing mereka menjadi hidup bermartabat dan penuh tanggung jawab sebagai anggota masyarakat. Pengasuh berperan sebagai pengganti orang tua mereka yang mana pengurus panti asuhan sebagai pendorong atau motivasi dan penyemangat anak untuk terus belajar dan memaknai pentingnya ilmu yang didapat. Oleh karena itu komunikasi interpersonal dianggap penting untuk meletakkan efektivitas komunikasi interpersonal di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM. Suryowinoto di mana dalam hal ini komunikasi interpersonal melibatkan antara anak asuh dan pembinanya. Karena pembina di tempat tersebut adalah tempat terdekat untuk membimbing anak asuh, terutama dalam peningkatan proses belajar dan menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penggunaan metode ini dianggap dapat menggambarkan secara detail permasalahan yang diteliti. Temuan penelitian ini menunjukan efektivitas komunikasi innterpersonal bahwa hal yang perlu dioptimalkan antara lain adalah kualitas memiliki keyakin diri dan terbuka. Dan Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi innterpersonal antara pembina pembina dan anak asuh dalam proses peningkatan hafalan Al-Quran di Panti Asuhan Yatim Putri Islam RM. Suryowinoto pada aspek internal sudah baik, namun faktor eksternal belum cukup baik dan belum optimal.
| Dosen Pembimbing: | Kholifatul Fauziah, S.Sos.I., M.A. | NIDN0522108701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Administrator, Caregivers, Interpersonal Communication, Orphanage, Holy Quran |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 02 Aug 2024 06:36 |
| Last Modified: | 02 Aug 2024 06:36 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
