BRILIAN HARYA TRILUMPITA (2024) PERAN RELAWAN KOMUNITAS ‘RUMAH CODE’ DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI CODE UTARA, KOTABARU, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (481kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Era yang serba canggih, pendidikan merupakan hal yang sangat penting. dengan semakin berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi, maka anak-anak semakin memiliki banyak pengetahuan, pengalaman, baik dalam lingkungan keluarga,sekolah bahkan masyarakat. Tujuan pendidikan nasional telah meletakan dasar-dasar yang kuat dalam menopang pembentukan karakter dan jati diri bangsa. Pembentukan karakter anak tidaklah lahir begitu saja, ada proses yang dilewatinya sehingga proses tersebut pun menjadi karakter yang melekat dalam diri seorang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembentukan karakter mandiri pada anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan proses wawancara yang mendalam terhadap para narasumber dan data juga dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan hasil dari berbagai narasumber. Hasilnya bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh relawan dapat membentuk karakter mandiri pada anak-anak dan faktor yang memengaruhi proses pembentukan karakter mandiri pada anak yaitu : (1) Bagaimana pendekatan relawan dengan anak (2) bagaimana cara menyikapi anak (3) membangun komunikasi yang benar dengan anak.
| Dosen Pembimbing: | Ahmad Hermawan, Dr., Lc., M.A. | NIDN0507068301 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Character, Children's Independence, Education, Communication |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Eko Kurnawan |
| Date Deposited: | 19 Aug 2024 01:21 |
| Last Modified: | 19 Aug 2024 01:21 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
