ROSYASYA SALSABILA (2024) BANTUL REGENCY TOURISM DEPARTMENT'S PROMOTIONAL STRATEGY TO PROMOTE TOURIST DESTINATIONS THROUGH PARTICIPATION IN BANTUL CREATIVE EXPO 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (411kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Bab I.pdf
Download (346kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (991kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam mengembangkan potensi wisata yang dimilikinya, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul perlu merancang strategi yang efektif untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata potensial yang ada di Kabupaten Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Bantul melalui partisipasinya dalam acara Bantul Creative Expo 2023. Kerangka teori yang digunakan mencakup strategi promosi dan bauran promosi. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif untuk menguraikan secara rinci kejadian yang relevan, dengan tujuan mengungkap dan memperjelas fenomena yang ada. Data dikumpulkan secara menyeluruh, kemudian diidentifikasi, dibandingkan, dan dievaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dan studi dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, untuk mempromosikan destinasi wisata, promosi yang dilakukan secara konvensional melalui pameran, game interaktif berhadiah (Sales Promotion), penjangkauan langsung ke pengunjung di stand Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul (Personal Selling), dan Dimas/Diajeng Kabupaten Bantul sebagai duta wisata (Public Relations). Pada implementasinya, komponen yang memiliki performa terbaik berada pada penggunaan game interaktif sebagai alat sales promotion yang berhasil menarik perhatian dan antusiasme pengunjung, juga secara tidak langsung mengedukasi masyarakat terkait destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bantul dan dapat diikuti oleh berbagai kalangan tanpa batasan usia.Pada pelaksanaan program selanjutnya Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul perlu menetapkan tujuan kegiatan promosi yang lebih spesifik dengan tolak ukur berupa angka, persentase, atau unsur sejenisnya sebagai indikator obyektif keberhasilan dalam strategi promosinya dan mengembangkan metode analisis yang lebih menyeluruh untuk menilai upaya promosi agar dapat mengukur keefektifan promosi dengan data-data yang lebih baik dari setiap komponen promosi yang digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promotion Strategy, Tourist Destination, Tourist Visit, Bantul Creative Expo 2023 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 02:00 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 02:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47814 |