ALVIRA DIANTIKA APRIANI (2024) STRATEGI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL MCCC PP MUHAMMADIYAH SEBAGAI SARANA KAMPANYE PENCEGAHAN COVID-19 TAHUN 2020-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (383kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB)
Bab I.pdf
Download (422kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (972kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Muhammadiyah membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) untuk mengkoordinasikan program, penanganan, dan penyebaran informasi mengenai pencegahan Covid-19 melalui media sosial sebagai respons terhadap kebutuhan masyarakat akan informasi Covid-19 yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengelolaan akun media sosial Instagram dan Twitter MCCC, serta kendala yang ditemukan dalam melakukan kampanye pencegahan Covid-19 pada tahun 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak dari Koordinator Disinfokom, Staf Sosial Media Strategi, dan Staf Media Admin MCCC PP Muhammadiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi pengelolaan media sosial oleh MCCC PP Muhammadiyah sebagai sarana kampanye pencegahan Covid-19 dilakukan melalui kerja sama divisi Disinfokom dengan bidang kesehatan, kesehatan masyarakat, dan advokasi. Hal tersebut bertujuan untuk menyediakan informasi yang akurat dan terbaru. Kendala utama dalam melakukan kampanye pencegahan Covid-19 adalah kurangnya sumber daya manusia dan pemilihan tema yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang beragam. MCCC berhasil mendapatkan penghargaan dalam penanganan Covid-19. Hal ini menunjukkan bahwa upaya kampanye yang dilakukan telah memberikan dampak positif dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Strategy, Covid-19 Pandemic, Campaign |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:26 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48065 |