ALVIRA DIANTIKA APRIANI (2024) STRATEGI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL MCCC PP MUHAMMADIYAH SEBAGAI SARANA KAMPANYE PENCEGAHAN COVID-19 TAHUN 2020-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Muhammadiyah membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) untuk mengkoordinasikan program, penanganan, dan penyebaran informasi mengenai pencegahan Covid-19 melalui media sosial sebagai respons terhadap kebutuhan masyarakat akan informasi Covid-19 yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengelolaan akun media sosial Instagram dan Twitter MCCC, serta kendala yang ditemukan dalam melakukan kampanye pencegahan Covid-19 pada tahun 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak dari Koordinator Disinfokom, Staf Sosial Media Strategi, dan Staf Media Admin MCCC PP Muhammadiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi pengelolaan media sosial oleh MCCC PP Muhammadiyah sebagai sarana kampanye pencegahan Covid-19 dilakukan melalui kerja sama divisi Disinfokom dengan bidang kesehatan, kesehatan masyarakat, dan advokasi. Hal tersebut bertujuan untuk menyediakan informasi yang akurat dan terbaru. Kendala utama dalam melakukan kampanye pencegahan Covid-19 adalah kurangnya sumber daya manusia dan pemilihan tema yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang beragam. MCCC berhasil mendapatkan penghargaan dalam penanganan Covid-19. Hal ini menunjukkan bahwa upaya kampanye yang dilakukan telah memberikan dampak positif dalam membantu masyarakat menghadapi pandemi.
Dosen Pembimbing: | Tri Hastuti Nur Rochimah, Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0508027101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Social Media Strategy, Covid-19 Pandemic, Campaign |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:26 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |