M. SADIK ARIYANTO (2024) PENGUJIAN QUALITY OF SERVICE DENGAN METODE TIPHON UNTUK LAYANAN KEGAWATDARURATAN DI LABORATORIUM TEM UMY. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![[thumbnail of Halaman Judul]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Judul.pdf
Download (619kB)
![[thumbnail of Lembar Pengesahan]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
![[thumbnail of Abstrak]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (14kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (849kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
![[thumbnail of Lampiran]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
![[thumbnail of Naskah Publikasi]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
![[thumbnail of Full Text]](https://etd.umy.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pengujian kualitas layanan (Quality of Service/QoS) sangat penting dalam memastikan keandalan layanan kegawatdaruratan berbasis telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur performa Quality of Service (QoS) dengan menggunakan metode TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks) pada layanan kegawatdaruratan yang diujikan di Laboratorium Telekomunikasi dan Emergency Management Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (TEM UMY). Metode TIPHON digunakan untuk mengukur beberapa parameter utama, termasuk delay, packet loss, dan throughput, yang sangat berpengaruh terhadap kualitas komunikasi dalam situasi darurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pengiriman data tower kegawatdaruratan sangat baik untuk parameter packet loss (0%) dan throughput (68,71 KB/s) menurut standar TIPHON, namun parameter delay menunjukkan hasil buruk dengan rata-rata 536 ms. Penelitian ini juga merancang dan mengembangkan database untuk menyimpan riwayat kejadian kegawatdaruratan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model prototype, yang memungkinkan pengembangan cepat dan pengujian awal dengan biaya rendah. Pengujian black box pada database menunjukkan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik. Selain itu, perancangan jaringan menggunakan metode PPDIOO (Prepare, Plan, Design, Implement, Operate, and Optimize), yang dikembangkan oleh Cisco Systems, Inc., dipilih karena pendekatannya yang sistematis dan terstruktur. Evaluasi dan manajemen data kegawatdaruratan ini penting untuk meningkatkan respons di masa depan dan memperkuat kesiapsiagaan dalam situasi darurat.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Data Transmission Speed, Quality of Service (QoS), TIPHON, Emergency Database, Prototype Model, PPDIOO. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Elektro-medis |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 01:40 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 01:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48159 |